Kamis, 27 Desember 2012 - 14:44:52 WIB
Solusi Ternak Kambing Supaya Tidak Tutup Kandang
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Kambing - Dibaca: 22376 kali

Share |

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Solusi Ternak Kambing Supaya Tidak Tutup Kandang

Kalau banyak peternak yang tutup kandang saat ini, saya kira sangat wajar. Ternyata setelah saya amati para peternak baru ini lebih senang membeli dari pada berpikir, bahkan untuk pakan pun mereka beli. Sangat jarang ada peternak yang mempunyai lahan pakan sendiri, sehingga ketergantungan dari pedagang pakan hijauan juga besar. 

Solusi yang paling aman adalah menanam hijauan pakan ternak, tanah bisa dg cara membeli atau menyewa. Kalau yang kita lakukan adalah dg sisitem sewa, lahan yg kita sewa harus jangka panjang minimal 10 tahun, nanti diantara hpt tersebut kita wajib menanam pohon sengon. Karena setelah 10tahun, pohon sengon tersebut bisa kita jual dan uangnya untuk menukar ongkos sewa lahan kita. Dan dijamin insyaalah untung. Diantara pohon sengon bisa kita tanemi rumput odot sebagai makanan utama kambingnya, monggo dicoba sisitem sewa gratis ini. Pasti kecanduan

Kalau kaliandra beda dengan odot, kaliandra tdk bisa dijadikan makanan utama, karena pertumbuhannya lambat, tdk secepat rumput odot, rumput odot itu satu marga dg rumput gajah/king gress, cuma pada odot jarang ada batang yang keras, sehingga bisa dimakan dg tuntas. Dg pengairan yang bagus dan sinar matahari yg maksimal, rumput odot bisa dipanen setelah 2 minggu potong. Jika ingin bibit saya bisa bantu (gratis). Tp jumlahnya tdk bisa banyak2, kalau ingin jumlah banyak bisa hub mas kusairi dr blitar.

Ujud rumput odot sama persis dg rumput gajah, cuma dia tdk bisa tinggi dan tdk memiliki batang yang keras, bulu (lugut) pada daun juga tdk begitu tajam shg aman dan tdk gampang melukai bibir kambing. Saya mencoba menanan dan 1 tahun tdk saya potong ketinggiannya tdk sampai 1 meter. (Sengaja tdk dipotong karena akan saya gunakan untuk bibit).




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)